Berbicara tentang peningkatan mutu di RSUD Atambua yang berhubungan dengan SDM tentu berkaitan erat dengan pengembangan kompetensi. Kompetensi merupakan kombinasi antara pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap/perilaku (attitude) seorang karyawan sehingga mampu melaksanakan pekerjaannya. RSUD Atambua melalui Bidang Diklat dalam rangka peningkatan kompetensi karyawan telah melaksanakan pelatihan, magang, in house training serta pendidikan lanjutan baik bagi tenaga Rumah Sakit maupun bagi tenaga-tenaga lainnya dari luar Rumah Sakit yang ingin meningkatkan ketrampilan dan pengetahuannya, maupun penelitian-penelitian untuk pengembangan di bidang Kesehatan.

Pelayanan Diklat RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua meliputi Pelayanan praktek klinik dan/atau praktek lain bagi peserta didik dari Institusi Pendidikan Kesehatan dan/atau Institusi Pendidikan lainnya, yang dikelompokkan dalam Pendidikan praktek klinik mahasiswa kedokteran, Pendidikan praktek klinik mahasiswa keperawatan, Pendidikan praktek klinik mahasiswa pendidikan kesehatan lainnya, Pendidikan praktek siswa dan/atau mahasiswa non kesehatan.

Pelayanan pelatihan (in house training) bagi staf SDM Rumah Sakit, Pelayanan pendidikan magang, Pelayanan studi banding (benchmarking) dari Rumah Sakit lainnya.

Untuk menjamin keselamatan pasien dan/atau kenyamanan pasien, Rumah Sakit melakukan pengawasan, pengendalian dan penilaian penyelenggaraan praktek klinik secara efektif dan efesien.