RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua mulai mengoperasikan peralatan medis endoskopi pada Sabtu (18/06/2022) guna meningkatkan pelayanan kesehatan publik lebih menyeluruh. Pusat Endoskopi Saluran Cerna secara resmi mulai beroperasi hari ini berpusat di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua.

Menurut Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, Pemkab Belu melalui RSUD Atambua terus berikan komitmennya dalam melayani kesehatan masyarakat secara maksimal, salah satunya dengan cara memanfaatkan alat kesehatan penunjang diagnosis penyakit pasien.

“Salah satu alat yang didatangkan adalah endoskop yang dapat digunakan untuk memeriksa organ pencernaan pada tubuh manusia,” katanya.

Bupati yang juga ahli gastroenterologi hepatologi di Indonesia menjelaskan keberadaan endoskop sangat penting karena dokter spesialis penyalit dalam akan dapat menangani keluhan dari pasien, khususnya yang memiliki keluhan saluran pencernaan.

“Jadi, dengan alat ini kita bisa periksa lebih detail. Contoh, jika ada pasien yang mengeluh sakit maag maka dengan alat ini kita bisa pastikan apakah ini memang sakit maag ataukah ada penyakit lain,” terangnya.

Kepada masyarakat Belu, jangan takut karena ini pemeriksaannya gratis. Nilai dan manfaatnya sangat tinggi dan nyaman.

“Ini adalah kemewahan dan kualitas, karena ada pelayanan endoskopi, cuci darah, CT scan didukung dokter spesialis penyakit dalam, bedah, kandungan dan dokter konsultan anastesi. Dengan hadirnya alat ini, dokter bisa memberikan obat secara tepat,” tandasnya.

Bupati Agus Taolin juga menyampaikan, Pemkab Belu telah bekerjasama dengan FKUI RSCM untuk meningkatkan SDM bidang kesehatan.

“Dua orang dokter dan perawat kita sudah kirim untuk mengikuti pelatihan di RSCM. Upaya yang dilakukan ini sesuai dengan visi misi pemerintah. Kami yakin kedepannya masyarakat Belu akan semakin sehat, memiliki karakter yang kuat dan siap bersaing,” pungkas Bupati Belu.

Usai Grand Opening dilanjutkan dengan pemeriksaan endoskopi terhadap 3 pasien yang ditangani langsung oleh Bupati Belu dan Ketua Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia.

#Repost @protokol_belu with @let.repost

  • • • • • •

Foto : Protokol Belu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *