SALAM SEHAT – Guna memenuhi Kebutuhan Darah di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Unit Transfusi Darah (UTDRS) RSUD. Mgr. Gabriel Manek, SVD. Atambua melakukan kegiatan Donor Darah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu, Rabu (20/7/2022).

Kepala Bidang Penunjang RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Heny CH. Nahak, SKM yang membawahi UTDRS menyampaikan bahwa kegiatan donor darah sukarela selama ini telah dilakukan dengan bekerjasama dan melibatkan seluruh unsur masyarakat baik itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda dan masyarakat pada umumnya.

Heny CH. Nahak menjelaskan bahwa kegiatan donor darah sukarela dapat dilakukan dengan cara masyarakat pendonor datang ke UTDRS dan juga melalui mobile donor darah dimana petugas UTDRS mendatangi dan melakukan pengambilan darah di lokasi-lokasi sesuai dengan permintaan masyarakat.

Untuk diketahui, kebutuhan darah di RSUD, Mgr. Gabriel Manek, SVD. Atambua cukup tinggi mencapai lebih dari 2000 kantong darah pertahun. Sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional wajib mendukung upaya penurunan Angka Kematian Ibu maupun Angka Kematian Bayi (AKI/AKB) dimana sebagian besar dari rujukan kebidanan adalah kasus gawat darurat yang membutuhkan tindakan pembedahan dan setiap pasien yang akan dilakukan tindakan pembedahan butuh persiapan darah 1- 3 kantong darah.

Selain itu sebagai tuntutan peningkatan mutu pelayanan, transfusi darah merupakan supportif therapy yang harus berjalan bersama-sama dengan pengobatan lain, bahkan memegang peranan yang cukup menentukan penyembuhan dan keselamatan pasien yang mengalami kekurangan darah. (RSUDMGM/Reynaldo Klau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *